Sunday, March 12, 2017

Mau Beli Tanah? Perhatikan Langkah-langkah Penting Agar Tidak Tertipu

Mau Beli Tanah? Perhatikan Langkah-langkah Penting Agar Tidak Tertipu

Tanah adalah sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan di masyarakat. Tanah menjadi sebuah asset yang berharga untuk dimiliki. Investasi dengan membeli tanah sangatlah menguntungkan. Hanya dalam beberapa tahun saja harga tanah bisa dikatakan mudah dan cepat meningkat. Perawatan tanah pun terbilang mudah bila dibandingkan dalam bentuk bangunan.
Jika punya keinginan untuk membeli tanah? Maka sebaiknya anda mempertimbangkan beberapa hal untuk menghindari kasus penipuan yang marak terjadi belakangan ini. Penjual tanah sudah didapatkan kemudian dana untuk membelinya sudah dipersiapkan dengan matang. Akan tetapi, sebelumnya anda jangan tergesa untuk bertransaksi. Agar transaksi lebih aman, maka perlu dipertimbangkan beberapa hal.

Pada kesempatan kali ini kita sedikit berbagi mengenai jual beli tanah. Berikut ini adalah beberapa step yang tidak boleh anda lewatkan ketika akan membeli sebidang tanah.

·         Perhatikan dengan baik kondisi tanah yang akan dibeli.

Membeli tanah tidak boleh sembarangan dan asal beli saja. Anda perlu memperhatikan bagaimana tanah yang akan dibeli. Penting bagi anda melihat kawasan tanah tersebut untuk memastikan jenis tanah yang ada. Bukan hanya itu saja, anda perlu melihat bagaimana kontur tanah dan prospek jangka panjangnya ke depan. Banyak orang yang tidak memahami hal ini karena mereka belum mengerti bahwa tanah bisa menjadi jenis investasi terbaik masa depan. Lokasi tanah tersebut apakah strategi untuk ke depan. Anda dapat melihat bagaimana pembangunan di wilayah tersebut di masa mendatang. Ini juga sangat berkaitan erat dengan harga yang nantinya akan disepakati.

·         Periksa perlengkapan atau surat-surat tanah.

Selanjutnya anda perlu memperhatikan surat-surat yang melengkapi tanah tersebut sebelum anda membelinya. Yang perlu diperhatikan adalah nama pemiliknya dan itu sah atau tidak sebagai pemiliknya. Kalau tanah sudah memilik sertifikat maka lihatlah apakah sudah pernah berpindah kepemilikan atau belum. Jika memang belum maka anda bisa mendaftarkan ke tempat pemerintahan terdekat seperti kelurahan. Jangan pernah mencoba membeli tanah tanpa ada surat - surat yang jelas. Apalagi anda diimingi oleh harga yang relatif murah di bawah standar.

·         Cek keabsahan sertifikat.

Jangan lupa untuk mengecek sah tidaknya surat tanah yang sudah anda periksa tadi. lebih baik sebelum menjalankan akad jual beli anda bisa menggunakan beberapa jasa untuk memastikan bahwa tanah yang akan dibeli sertifikatnya resmi yang dikeluarkan oleh Badan Pertahanan Nasional (BPN). Dengan begitu Anda akan mengetahui lebih rinci mengenai status kepemilikan dari tanah tersebut. Apakah asli atau masih dalam sengketa atau tidak asli. Semuanya bisa anda lihat sebagai bahan untuk mempertimbangkan pembelian tanah yang akan dilakukan.

·         Persiapkan surat kesepakatan jual beli.

Kalau memang sudah jelas bahwa tanah yang akan dibeli tidak memiliki masalah, tahapan selanjutnya anda bisa membuat nota kesepakatan jual beli tanah. Agar lebih aman libatkan lah pihak lain yang bisa menjamin keamanan secara hukum. Dalam pembuatannya ada beberapa syarat yang umum dibutuhkan. Mulai dari surat pajak bumi dan bangunan, sertifikat tanah dan juga IMB atau izin mendirikan bangunan serta balik nama.

·         Berkas diserahkan kepada BPN.

Tahapan terakhir yang perlu anda lakukan adalah dengan mengurus surat untuk perpindahan nama dalam sertifikatnya. Anda bisa menyerahkan langsung ke BPN kemudian disusul dengan bukti jual beli, untuk kemudian diproses untuk mendapatkan sertifikat atas nama si pembeli.
Setidaknya anda harus memenuhi semua hal tadi agar transaksi anda berjalan tanpa ada kendala selanjutnya. Semuanya tadi akan memberikan keamanan anda baik ketika bertransaksi jual beli ataupun ketika sudah resmi menjadi milik anda. Dalam mempermudah semuanya itu tadi lebih baik anda selalu mempersiapkan sampel dari surat kesepakatan jual beli anda. hal ini bisa mempercepat proses dari perpindahan tanah yang dilakukan.
Itulah beberapa tahapan yang bisa anda lakukan sebelum anda memastikan untuk membeli sebidang tanah sampai pada tahapan ketika anda membeli. Nah, apabila anda masih mengalami kebingungan dalam prosedural untuk membeli tanah, maka sebaiknya anda bisa menggunakan jasa yang biasa mengurusi hal semacam ini. Tambahan informasi, anda bisa membaca tata cara dalam membeli tanah.


EmoticonEmoticon